Kamis, 30 Mei 2013

Pendahuluan

      Dalam alur sejarah agama-agama di India. Zaman agama Buddha dimulai semenjak tahu 500 SM, hingga tahun 300 SM. Secara historis agama tersebut mempunyai kaitan erat dengan agama yang mendahuluinya, namun mempunyai beberapa perbedaan dengan agama yang mendahuluinya dan yang datang sesudahnya, yaitu agama Hindu. Sebagai agama, ajaran Buddha tidak bertitik tolak dari Tuhan dan hubungan-Nya dengan alam semesta dan seluruh isinya, termasuk manusia.



Secara garis besar ajaran agama Buddha dapat dirangkum dalam tiga ajaran pokok, yaitu Buddha, Dhamma, dan Sangha. Ajaran tentang Buddha menekankan pada bagaimana umat Buddha memandang Sang Buddha Gautama sebagai pendiri agama Buddha. Pada perkembangan selanjutnya ajaran agama Buddha ini berkaitan pula dengan masalah ketuhanan yang menjadi salah satu cirri ajaran semua agama. Ajaran tentang dhamma banyak berbicara tentang masalah-masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya. Ajaran sangha, selain mengajarkan bagaimana umat Buddha memandang sangha sebagai pesamuan para bhikkhu, juga berkaitan dengan umat Buddha yang menjadi tempat para bhikkhu menjalankan dharmanya, juga dengan pertumbuhan dan perkembangan agama Buddha.

1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site - Lucky Club
    LuckyClub.com is the best betting luckyclub.live site. We provide the latest news, tips and predictions to give you the best online betting experience. Join today to win big!

    BalasHapus